Cari Blog Ini

Tren Rumah Sehat di masa Pandemi

Ilustrasi

Hunian sehat menjadi tren yang paling diminati oleh masyarakat di tengah pandemic Covid-19. 
Tidak hanya sehat dari aspek material, konsep dan tata letak hunian juga menjadi penentu ketika calon konsumen menentukan pilihan. 

Country Manager Rumah123.com Maria Herawati Manik mengatakan bahwa hunian sehat memiliki kriteria menggunakan material bangunan yang tidak berbahaya, dan penataan ruangan yang memudahkan untuk dibersihkan. 

“Rumah sehat juga harus memiliki pencahayaan yang bagus dan ventilasi mencukupi, sehingga memungkinkan terjadinya sirkulasi udara dan bisa mengurangi penggunaan AC agar ramah lingkungan,” ujarnya, Rabu (29/9/2021). 

Dia menuturkan, pandemi Covid-19 menuntut masyarakat untuk melakukan kegiatan di rumah dengan mengedepankan gaya hidup sehat, sehingga produk rumah sehat banyak dicari.

Dalam kesempatan berbeda, Direktur Marketing & Sales Paramount Land M. Nawawi menuturkan, pandemi telah mengubah cara pandang konsumen dalam menentukan rumah yang akan dibelinya.

Sebelumnya, calon pembeli mencari rumah dengan pertimbangan keindahan, keamanan, kenyamanan, dan kesehatan. Namun saat ini, konsumen mencari rumah yang memprioritaskan kesehatan.

“Ketika semua orang banyak berkegiatan di dalam rumah, peran rumah yang sehat juga menjadi faktor pendukungnya,” katanya.

Menurutnya, rumah yang sehat harus memenuhi beberapa faktor, yakni memiliki ruangan cukup memadai sehingga tidak terlalu sempit untuk berkegiatan sehari-hari.

Rumah sehat juga harus memasukkan tiga unsur alam, yakni sinar matahari, udara, dan air bersih. Lalu rumah sehat harus memiliki desain yang baik dan sesuai.

“Rumah yang sehat harus memiliki rasa aman, baik di dalam maupun di luar rumah,” ucapnya.

Di tengah kondisi pandemi, katanya, rumah sehat juga harus memiliki jarak yang dekat dengan fasilitas kesehatan, seperti apotek atau rumah sakit.

Nawawi menjelaskan, rumah sehat juga perlu didukung oleh teknologi dan fasilitas yang membuat penghuninya merasa nyaman dalam melakukan kegiatan, seperti Pasadena yang dikembangkan oleh Paramount Land.

Paramount Land melengkapi Pasadena dengan sejumlah teknologi terkini, seperti smart home, water heater tenaga matahari, hingga detektor CO2 atau karbon dioksida.

Detector CO2 tersebut merupakan smart air ventilation yang bekerja mengeluarkan karbon dioksida dari dalam kamar dan menggantikannya dengan udara bersih.

“Kamar merupakan area yang sering disinggahi, sehingga diperlukan pertukaran udara bersih. Sebab, setelah berkegiatan orang akan beristirahat di kamar tidur, dan menyebabkan penumpukan karbon dioksida, sehingga udara tersebut tidak sehat dan segar,” jelasnya.


Sumber : bisnis com